• L3
  • Email :
  • Search :

9 September 2006

Pulau Tenggelam, Mungkinkah?

Betulkah kematian gugusan pulau bisa terjadi karena pemanasan global? Artikel berikut ini sebagai bahan diskusi dan urun rembug atas artikel yang dimuat PR, Sabtu (26/8). Ditulis oleh Dr. M. Darussalam, tulisan berjudul Pemanasan Global dan Kematian Gugusan Pulau perlu ditambah dengan informasi berikut ini, terutama menyangkut probabilitas kekaraman pulau yang memang kontroversial.

Tak dimungkiri, kenaikan kosentrasi gas CO2 di muka Bumi menjadi salah satu sebab kenaikan temperatur muka Bumi. Bersama dengan gas metana yang ke luar deras dari rawa-rawa, sawah yang di panen, dan juga dari tangki septik di setiap rumah (ini justru jarang dibahas dalam seminar lingkungan), gas CO2 dimasukkan ke dalam gas rumah kaca (greenhouse gas). Industri otomotif yang demikian masif, terutama kendaraan roda dua, kian memperbesar kosentrasinya. Tambah runyam lagi karena terjadi pembakaran atau kebakaran hutan, seperti di Riau dan Kalimantan. Semua itu berdampak pada temperatur muka bumi. Dekade terpanas terjadi pada akhir abad ke-20, yaitu tahun 1990-an. Adapun tahun terpanas satu dekade terakhir ini ialah tahun 1998, 2001, dan 2005.

Namun demikian, ada pertanyaan yang belum juga terjawab secara meyakinkan dan menjadi polemik di antara pakar. Andaikata temperatur muka bumi terus naik, ...


selanjutnya.

Gede H. Cahyana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar