• L3
  • Email :
  • Search :

15 Januari 2019

Indonesia MENANG

Indonesia Menang
Oleh Gede H. Cahyana

Ada lima hal yang ditulis di sini berkaitan dengan pidato capres Prabowo Subianto. Lima hal tersebut adalah:
1. Swasembada pangan.
2. Swasembada energi.
3. Swasembada air bersih
4. Lembaga pemerintahan yang kuat
5. Angkatan perang atau tentara yang kuat.


Sesuai dengan bidang ilmu dan teknologi yang dipelajari, saya fokus pada pangan, energi, dan air bersih. Tiga hal ini disingkat dengan FEW: Food, Energy , Water. Dalam bahasa Inggris few artinya sedikit. Tiga hal tersebut faktanya berjumlah sedikit dan makin susut. Dalam bahasa Indonesia bisa disingkat MEA: Makanan, Energi, Air.  Inilah tema penting dalam abad ke-21 ini, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh negara di dunia. Bahkan tahun 2014 PBB pernah merilis tema Water and Energy sebagai tema peringatan Hari Air Dunia. Air dan energi, khususnya energi dari sumber daya air, yaitu PLTA kini lebih cenderung dalam skala kecil yang disebut mikrohidro.

Energi di air laut juga berkembang dan menjadi opsi penting dalam penyediaan energi  masa depan. Tim riset Gordon McKerron dari Sussex University, seperti ditulis New Scientist, May 1998 menyatakan bahwa perbandingan harga (the price of power) energi gelombang terhadap energi gas, angin, batubara dan nuklir adalah  2,6 : 2,5 : 3,0 : 4,0 : 4,5 pence/kWh. Jadi, energi gelombang adalah potensi energi masa depan sebagai energi terbarui (renewable energy ) yang takkan pernah habis dan relatif murah.

Bisa disebut bahwa air dan energi seperti dua sejoli yang saling pengaruh-mempengaruhi. Tambahan lagi poin ketiga, yaitu pangan. Tiada pangan jika tiada air. Bahkan untuk kehadiran air, pangan harus membutuhkan energi, seperti energi pompa yang digunakan untuk menaikkan dan mengalirkan air sungai ke saluran irigasi atau sawah, atau air tanah yang dipompa untuk pengairan sawah.

Penguatan tiga poin di atas, yaitu FEW, dengan berbagai kebijakan pemerintah dan penyediaan anggaran serta pelibatan teknologi yang tepat akan bisa mengubah makna few (sedikit) menjadi cukup. Cukup bagi kebutuhan setiap orang WNI dan bisa mendukung kegiatan sehari-hari seperti belajar, bersekolah, bermain, berwisata, beribadah, berbisnis, dan berbagai aktivitas yang membutuhkan makanan, energi, dan air.

Terima kasih Pak Prabowo, semoga Allah Swt memberikan ridha-Nya kepada Bapak dan Pak Sandiaga Uno untuk memimpin negara luas dan besar penduduknya ini, dengan beragam agama, suku, ras, golongan agar menjadi masyarakat yang sejahtera, adil, dan makmur. Aamiin.***

1 komentar: