• L3
  • Email :
  • Search :

25 Maret 2019

Garis Menang, Menang Tanpo Ngasorake

Garis Menang, Menang Tanpo Ngasorake

Apa indikator bahwa bangsa Indonesia menang? Adakah garis kemenangan? Bagi Prabowo, garis kemenangan tercapai ketika mimpi orang Indonesia, Indonesian dream menjadi nyata. Ada faktanya. Misal, anak petani banyak menjadi dosen dan profesor, anak nelayan bisa menjadi pengusaha ikan yang kaya, anak pedagang kaki lima bisa menjadi pemilik mall dan restoran, anak buruh bisa menjadi jenderal, dst.
Garis kemenangan bangsa Indonesia adalah ketika ekonomi tumbuh pesat, pendidikan tingkat prasekolah, sekolah dasar dan menengah, dan pendidikan tinggi bisa ditempuh oleh semua anak dan remaja Indonesia, sesuai dengan kemampuan fisik dan psikisnya, kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosinya (EQ). Juga kecerdasan spiritualnya (SQ).

Namun kemenangan yang diperoleh itu harus tanpa ngasorake. Tanpa merendahkan. Sikap batin ini pastilah sulit, tetapi harus coba dilaksanakan. Seperti musiman, kasus HAM selalu saja menjadi senjata bagi orang yang berbeda haluan politik dengan Pak Prabowo. Tahun 2014 diungkit-ungkit, lalu dibiarkan sepi senyap selama 4,5 tahun, dan diungkap lagi saat ini, selama masa kampanye 2019. Bahkan anehnya, yang mengungkit-ungkit itu pun rekam jejak di bidang HAM juga dipertanyakan, tidak jelas, bahkan cenderung terlibat.

Pertanyaan menyudutkan itu tidak dibalas dengan pertanyaan lain yang serupa, tidak ikut menyerang, tidak memojokkan lawan. Tidak sindir mereka, tidak sinis kepada mereka, bahkan sebaliknya, dipuji dan dihormati pendapat mereka. Pak Prabowo menghormati lawan secara sportif. Bahkan, apabila lawan politik yang menang dalam kontestasi, Pak Prabowo tetap menghormati dan mendukungnya walaupun berat. Yang ini sudah dilaksanakan, bahkan tanpa menyerang ke arah pribadi lawan ketika debat.

Menang bagi Pak Prabowo adalah menang dengan elegan, menang dengan jiwa besar, tetapi lawan tetap bisa menegakkan kepala tanpa dinistakan.

(Diadaptasi dari buku Indonesia Menang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar