• L3
  • Email :
  • Search :

13 September 2019

Tips Menulis Bab Kesimpulan

Tips Menulis Bab Kesimpulan
Oleh Gede H. Cahyana

Bab Kesimpulan ini ada juga yang menuliskannya dengan kata “Simpulan”. Akar katanya: simpul. Ikatan. Bagian akhir alias selesai. Tuntas. Namun demikian, di dalam tulisan ini yang digunakan adalah kata benda: Kesimpulan. Kesimpulan (Conclusion) adalah bab terakhir dalam sebuah laporan hasil penelitian. Juga bab terakhir dalam Tugas Akhir Perancangan (desain, detailed engineering design (DED), technical planning = perencanaan teknis).

Apa saja isi Bab Kesimpulan? Isinya adalah bukti tentang pernyataan hipotesis (kalau ada) di Bab Pendahuluan. Juga berisi jawaban atas semua rumusan masalah dan tujuan penelitian. Sinkronisasi kedua bab tersebut. Karena wujudnya adalah kalimat utama yang menyimpulkan hasil dan pembahasan maka biasanya ringkas saja. Tidak panjang. Bisa satu paragraf. Bisa juga dua atau tiga paragraf pendek. Jumlah paragraf ini bergantung pada jumlah poin di dalam tujuan penelitian. Bab Hasil dan Pembahasan tetap menjadi acuan dalam menuliskan isi paragraf di Kesimpulan.

Patut diingat, isi Kesimpulan berkaitan erat dengan isi Abstrak dan isi Pendahuluan (khususnya di bagian hipotesis dan agenda atau tujuan penelitian, yaitu apa saja yang dilaksanakan dalam penelitian).

Di bagian terpisah, misal subbab baru tetapi masih di bab ini, bisa juga ditambahkan Saran. Isinya adalah pemberitahuan agar pembaca/peneliti yang berminat bisa mengikuti poin-poin saran. Misal, berkaitan dengan kapasitas (debit) aliran air, metode, alat dan bahan penelitian, prosedur sampling, dan modifikasi peralatan (filter, biofilter, koagulasi, flokulasi, sedimentasi, bioreaktor, kemireaktor, dll) yang berbeda dengan penelitian penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar