• L3
  • Email :
  • Search :

26 Februari 2023

K. H. Ali Yafie Kyai Fikih Lingkungan

K. H. Ali Yafie: Kyai Fikih Lingkungan

Telah berpulang ke rahmatullah K. H. Prof. Ali Yafie pada Sabtu, 25 Februari 2023 di Jakarta. Beliau adalah seorang ulama, politisi, anggota dan pernah menjadi pengurus di PBNU, dosen, pendiri pondok pesantren dan sejumlah organisasi lainnya termasuk MUI pusat. Selain profesi dan penugasan tersebut, Kyai Ali Yafie alm. juga seorang penulis di bidang fikih. Khususnya adalah fikih ilmu dan teknologi lingkungan. 

Sejak tahun 1962 hingga saat ini, sarjana ilmu lingkungan, banyak. Sarjana Teknik Lingkungan, banyak. Begitu pula magister dan doktor di bidang ilmu dan teknik tersebut, banyak. Penulis buku tentang lingkungan juga banyak. Tetapi penulis buku yang kajiannya dari sudut pandang fikih tidaklah banyak. Mungkin saja baru satu orang, yaitu K. H. Ali Yafie alm. Buku Merintis Fikih Lingkungan Hidup itu terbit pada tahun 2006 dengan kajian yang isinya sudah dirintis dalam berbagai ceramah beliau sejak dekade 1980-an.

Buku tersebut berisi kata “Merintis” yang menjadi pertanda bahwa buku ini ingin memberikan jalan pembuka kepada kalangan ilmuwan muslim untuk lebih banyak mengkaji dan menulis buku atau artikel ilmiah di bidang lingkungan (environment, ecology). Diharapkan para penulis tersebut juga dari kalangan ulama fikih atau hadis atau ilmu al Qur’an yang studinya di bidang ilmu-ilmu agama Islam. Dibutuhkan kajian lebih lengkap tentang lingkungan dan sumber daya alam di dalam al Qur’an dan hadis yang ditulis oleh kalangan ulama dengan bertitik tolak pada ayat 41 Surat Ar Ruum tentang kerusakan lingkungan di darat, air (tawar, muara, laut), dan udara.

Semoga Allah Swt memberikan maghfirah-Nya kepada almarhum Kyai Ali Yafie dan memperoleh surga firdaus di akhirat kelak. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar