• L3
  • Email :
  • Search :

14 Januari 2015

Teknik Lingkungan Universitas Kebangsaan RI

Program Studi Teknik Lingkungan
S1 (Sarjana Teknik)

Universitas Kebangsaan

Sejak 1991 Yayasan Pendidikan Kebangsaan membuka Program Studi Teknik Lingkungan dan kini berakreditasi B. Tahun ini Prodi Teknik Lingkungan menerima calon mahasiswa lulusan SMA, MA, SMK, pesantren, Paket C. 

3,5 tahun menjadi sarjana
Khusus alumni SMK Analisis Kimia, Kimia Industri, dan Tekstil, ada apresiasi berupa  bebas 16 SKS (satu semester). Alumni akan memiliki dua kompetensi, yaitu di bidang analisis kimia, industri, tekstil dan di bidang rekayasa lingkungan. Untuk keperluan konversi nilai, calon mahasiswa menyerahkan fotokopi raport kelas 3 dan fotokopi ijazah SMK yang telah dilegalisasi.

Mata Kuliah yang disetarakan sbb:
1. Kimia Dasar I  : 3 SKS
2. Kimia Dasar II  : 3 SKS
3. Kimia Lingkungan  : 3 SKS
4. Laboratorium Lingkungan I  : 2 SKS
5. Laboratorium Lingkungan II  : 2 SKS
6. Mikrobiologi Lingkungan  : 3 SKS

Jumlah = 16 SKS (1 smt). Kuliah bisa dipercepat dengan Semester Padat (SP).
A. VISI
Terwujudnya program studi yang unggul dalam bidang teknik penyehatan dan lingkungan khususnya air minum, air limbah, dan persampahan di tingkat nasional pada tahun 2022.

B. MISI
1. Menyelenggarakan sistem pendidikan yang profesional, kreatif, dan inovatif, serta berkualitas dalam bidang Teknik  Penyehatan dan Lingkungan.
2. Melaksanakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang Teknik Lingkungan.
3. Melaksanakan pengabdian sebagai bentuk kepedulian dan solidaritas sosial dalam rangka penerapan ilmu teknik penyehatan dan lingkungan kepada masyarakat.
4. Menjalin kerjasama (networking) dengan berbagai instansi yang relevan dalam lingkup regional, nasional dan luar negeri.

C. TUJUAN
1. Menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif pada bidang Teknik penyehatan dan lingkungan.
2. Menghasilkan riset di bidang teknik penyehatan dan lingkungan yang tepat guna bagi masyarakat.
3. Memberikan sumbangsih kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk pemikiran dan pemecahan masalah terhadap kebutuhan masyarakat.
4. Menghasilkan kerjasama (networking) dengan berbagai instansi  di  tingkat regional, nasional, maupun internasional.

D.  SASARAN
Sasaran yang akan dicapai ialah menghasilkan lulusan atau sarjana Teknik Lingkungan yang berkecimpung di bidang air minum, air limbah, udara, persampahan, kesehatan lingkungan, baik individu maupun kelompok, yang bermanfaat bagi masyarakat

E. PROFIL LULUSAN
Lulusan Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Kebangsaan memiliki kemampuan bekerja dan wirausaha (entrepreneur)  di bidang sistem penyediaan air minum kota, desa, dan isi ulang, sistem penyaluran air limbah, perancangan IPAM dan IPAL untuk hotel, rumah sakit, pabrik, AMDAL, perancangan TPA sampah. Bidang kerjanya bisa di pemerintah, BUMN, BUMD, dan swasta (konsultan lingkungan), yaitu Bappenas, Bappeda, Departemen/ Dinas Pekerjaan Umum, Kesehatan, Dinas/Badan Lingkungan Hidup, PDAM, PAM Swasta, PDAL, pertambangan, industri migas, industri semen, pupuk, dll, rumah sakit, pengelola lingkungan di kawasan industri, guru PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup), dosen, wirausaha air minum. 

F. KOMPETENSI LULUSAN
 Kompetensi Utama
1.       Lulusan mampu merencanakan, merancang, dan menerapkan teknologi bidang teknik penyehatan dan lingkungan.
2.      Lulusan mampu membuat rencana induk sistem penyediaan air minum (RISPAM).
3.      Lulusan mampu membuat rencana rinci (DED: Detailed Engineering Design) air minum mulai dari unit sumber air, unit transmisi, unit produksi, unit distribusi, dan unit pelayanan.
4.      Lulusan mampu membuat rencana induk pengelolaan air limbah, penyaluran air limbah (sewerage system), dan merancang IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah).
5.      Lulusan mampu membuat rencana induk persampahan, sistem pengelolaan (manajemen) persampahan dan merancang sanitary landfill yang dilengkapi IPALin (Instalasi Pengolahan Air Lindi (leachate).
6.      Lulusan mampu mengelola lingkungan dalam pekerjaan RKL, RPL, dan Amdal suatu kegiatan.
7.      Lulusan Diploma 1 mampu melaksanakan pekerjaan “water and sanitation” di perdesaan dalam kerangka penerapan Undang-Undang Desa dan menjadi asisten perencana di konsultan.

Kompetensi Pendukung
1.   Lulusan mampu mengerjakan pekerjaan laboratorium lingkungan seperti analisis air minum, air limbah, sampah.
2.   Lulusan mampu menggunakan teodolit dan mampu membuat peta dan poligon dalam pekerjaan air minum, air limbah.
3.   Lulusan mampu memanfaatkan beberapa perangkat lunak seperti wordprocessor, spreadsheet, presentation, sketch-up, autocad.
4.   Lulusan mampu membuat instalasi air minum isi ulang dan bisnisnya.
5.   Lulusan memiliki pengetahuan tentang dampak perkembangan teknologi terhadap lingkungan

REKTOR
Dr. Boyke Setiawan, M.M

KETUA YAYASAN
Letjen. TNI (Purn.) Prabowo Subianto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar