• L3
  • Email :
  • Search :

30 April 2019

Tips Menulis Bab HASIL & PEMBAHASAN

Tips Menulis Bab Hasil dan Pembahasan
Oleh Gede H. Cahyana
Di dalam buku laporan Tugas Akhir biasanya bagian ini ditulis di dalam satu bab, yaitu bab Hasil dan Pembahasan. Bagaimana tips-nya?

Mahasiswa harus melihat dan membaca lagi subbab yang ada di Bab 1. Tulislah beberapa subbab dengan dua atau tiga kata yang sesuai dengan tujuan Tugas Akhir. Aculah pada subbab tentang rumusan masalah, ruang lingkup, dan tujuan penelitian atau perancangan. Pikirkan subbab yang merujuk pada poin-poin tersebut, frase apa yang cocok, yang mampu mewakili idenya. Inilah yang dijadikan judul subbab di bab Hasil dan Pembahasan.
Tulislah hasil penelitian atau perancangan yang diperoleh. Hasil ini biasanya berupa data (angka). Usahakan data yang sudah diolah, bukan data mentah. Tampilkan data tersebut dalam bentuk tabel atau gambar (grafik), atau desain yang menjadi ide utama apabila TA berupa perancangan. Informasi yang ditulis di dalam tabel atau gambar atau desain tersebut harus mampu menjelaskan tema utama yang menjadi bahasannya. Tulislah bahasan hasil tersebut dengan menggunakan kalimat sederhana atau simpel. Memang boleh saja dengan kalimat majemuk atau campuran tetapi jangan terlalu panjang. Yang bagus, kalimat sederhana, kalimat majemuk tersebut divariasikan dan dengan kosa kata yang variatif, sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. 

Prinsip utamanya adalah jelas atau terang. Lantas tulislah argumentasi yang bisa menguatkan hasil penelitian atau perancangan tersebut. Bisa dengan mengutip dari makalah atau artikel sejenis yang menguatkan. Bisa juga dari teori di buku teks. Usahakan berasal dari sumber pustaka terbaru agar tulisan menjadi up to date. Penjelasan hendaklah runtut, runut, mengalir dan logis yang dikuatkan oleh penelitian orang lain, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Kutipan-kutipan ini akan menambah kekuatan argumentasi dalam pembahasan. Artinya, usahakan memperoleh artikel di jurnal-jurnal nasional dan internasional dengan tema yang hampir sama dengan TA atau skripsi yang ditulis. 

Begitu seterusnya sampai semua tujuan yang ditulis di Bab 1 tuntas dibahas. 

Tips menulis TA

Tips Menulis Abstrak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar