• L3
  • Email :
  • Search :

9 Agustus 2019

Format Proposal Tugas Akhir

Definisi Tugas Akhir (TA) secara umum, seperti tersirat dan tersurat di dalam nama mata kuliahnya, adalah tugas kuliah yang dikerjakan oleh mahasiswa pada bagian akhir masa studinya. Beban TA antara 5 – 8 SKS yang diwujudkan dalam bentuk karya tulis ilmiah berupa skripsi (naskah) atau karya lainnya (bergantung pada prodinya: lukisan, patung, model, dll) dan diujikan di depan dewan penguji pada sidang sarjana. Dengan demikian, semua syarat dan karakteristik karya ilmiah harus ada di dalam laporan TA tersebut.

Bagaimana karakteristik karya tulis ilmiah yang berwujud Tugas Akhir itu? Yang dimaksud Tugas Akhir di dalam kurikulum Teknik Lingkungan adalah karya tulis ilmiah berupa skripsi untuk program S1 (strata satu) dengan beban 5-6 SKS, termasuk  Seminar dan Sidang TA. Karya tulis ilmiah ini meliputi dua kelompok, yaitu (1) TA desain atau perancangan, bisa juga disebut perencanaan teknis; (2) TA penelitian (riset, research). Riset ini pun bisa dibagi menjadi dua, yaitu riset atau penelitian dasar (basic research) dan penelitian terapan (applied research). Tujuan utama penelitian dasar adalah menghasilkan informasi umum tentang fenomena di dalam aspek teoretis. Tujuan penelitian terapan adalah menghasilkan informasi yang dapat diterapkan dan memberikan solusi terhadap masalah hidup sehari-hari. Namun demikian, kerapkali sebuah penelitian berisi kedua jenis aspek tersebut, yaitu aspek teori dan aspek aplikasi.

Kembali ke perihal penulisan laporan TA. Laporan mata kuliah TA ini berupa karya tulis ilmiah yang memiliki format khusus, berbeda dengan laporan lainnya (laporan perusahaan, kantor, organisasi massa, dll). Meskipun isi sistematika laporan ini bisa berbeda-beda dari satu prodi dengan prodi lainnya, bahkan satu prodi yang sama tetapi berbeda perguruan tinggi juga bisa berbeda, tetapi mayoritas memiliki kesamaan isi. Ini bisa dimaklumi karena dosen-dosen pembimbing TA bisa berasal dari berbagai kampus di dalam dan/atau luar negeri yang berbeda-beda pula sehingga memiliki perbedaan (sedikit) dengan koleganya. Namun demikian, mayoritas isinya hampir sama. Meskipun prodi sudah memiliki panduan penulisan TA tetapi kerapkali terjadi format dan isi laporan TA berbeda (sedikit).

Ditegaskan lagi, penulisan karya ilmiah adalah karya tahap akhir bagi mahasiswa sarjana, baik TA desain maupun TA penelitian. TA desain memiliki format khas yang tidak dimiliki oleh TA penelitian, misalnya gambaran umum lokasi atau daerah perancangan atau daerah studi (sangat perinci sehingga ditulis di dalam bab khusus sedangkan di dalam TA penelitian bisa juga ditulis di dalam bab khusus terutama kalau banyak yang harus dipaparkan tetapi bisa juga menjadi salah satu subbab di Bab 1 Pendahuluan), kriteria desain (kriteria perancangan), gambar-gambar denah, potongan, detil, Bill of Quantity (BoQ), RAB (Rencana Anggaran Biaya), dan Spesifikasi Teknis. 

Silakan baca lebih lengkap di link atau folder TUGAS AKHIR-SKRIPSI. di sisi kanan blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar