• L3
  • Email :
  • Search :

20 Agustus 2019

Orang Papua

Orang Papua

Papua sangat luas, berbukit dan bergunung. Tetapi penduduknya sedikit. Tersebar dalam komunitas kecil dan suku mulai dari tepi laut hingga ke puncak gunung. Potensi kekayaan alamnya tak terhitung, baik yang di atas tanah maupun di dalam tanah. Kekayaan ini memerlukan orang-orang yang mampu memanfaatkannya. Tidak hanya oleh orang Indonesia non-Papua tetapi juga oleh orang asli Papua.

Itu sebabnya, banyak orang Papua kuliah di Jawa dan kembali pulang setelah bergelar sarjana. Ada bbrp mhs saya yang dari Papua. Tahun lalu ada yang lulus dan kembali ke Sorong. Tugas Akhir (TA) yang dibuatnya tentang persampahan di Sorong. Itu idenya. Sebagai pembimbing, saya sangat mendukung dan berharap TA-nya menjadi masukan untuk pemerintah di sana, kalau-kalau dia nanti menjadi PNS atau ASN di sana.

Uniknya, kata dia, semua anggota keluarganya dilibatkan dalam survey lapangan. Bapak, ibu, kakak, sepupu, teman diajak menyebarkan kuesioner. Juga mengumpulkan sampah, memilah, dan menimbang berat sampah, semuanya ikut membantu. Papua sangat perlu orang-orang terdidik yang asli orang Papua untuk membantu saudara sesama orang Papua di tanah kelahirannya.

Orang asli Papua pasti lebih bisa merasakan rasa hati orang Papua. Lebih semangat membantu sesama dalam bencana. Sebagai contoh, kelaparan masih juga terjadi di daerah yang sulit dijangkau. Akses jalan masih berupa perkerasan batu dan kerikil. Bahkan ada yang hanya tanah. Licin saat hujan dan membahayakan. Apalagi di kanan atau kirinya berupa jurang.

Papua masih harus dibantu dengan pendidikan, Sekolah dan kuliah. Pendidikan tentang cara bercocok-tanam, cara beternak, cara mengelola sumber air, hutan, dan tanah. Juga tambangnya. Juga pendidikan politik. Hukum. Tatanegara. Sangat bagus apabila orang Papua kuliah di IPDN. Di Jatinangor itu.

Akhir kata, orang Papua adalah WNI. Mereka bagian dari NKRI. Sila kelima: Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Untuk semua orang Indonesia. Termasuk orang Papua.

Berikut ini adalah kejadian kelaparan di Papua Tambrauw The Hidden Paradise

Tidak ada komentar:

Posting Komentar