• L3
  • Email :
  • Search :

8 Agustus 2019

Ruang Parkir Mall Bahayakan Kesehatan?

Pencemaran udara di dalam ruangan tertutup menjadi ancaman serius bagi kesehatan manusia. Salah satunya berasal dari emisi gas kendaraan bermotor di lahan parkir tertutup. Dalam penelitian ini dilakukan identifikasi dan analisis konsentrasi CO yang terukur di breathing zone petugas parkir Mall X yang memiliki lahan parkir tertutup dan petugas parkir di lahan parkir semi terbuka di Mall Y. 

Pengukuran dilakukan dengan metode passive sampling  menggunakan Personal Dosimeter Tube. Hasil pengukuran kadar CO di lahan parkir Mall X berada pada rentang 25 – 81,25 ppm dengan rata-rata 50 ± 26,15 ppm. Sedangkan kadar CO terukur di lahan parkir Mall Y berkisar di rentang 3,13 – 12,5 ppm dengan rata-rata 7,88 ± 4,36 ppm. 

Nilai korelasi antara kadar CO dan intake CO di lahan parkir Mall X adalah sebesar 0,9983 sedangkan nilai korelasi kadar CO dan intake CO di lahan parkir Mall Y sebesar 0,9903. Disimpulkan, nilai kadar CO yang terukur di breathing zone petugas parkir memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perubahan besarnya intake CO yang masuk ke tubuh petugas parkir.

Artikel lengkap bisa diperoleh dalam pdf di link di bawah ini.

URL Artikel Lengkap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar