• L3
  • Email :
  • Search :

1 Desember 2019

Pidato Mendikbud: Diskusi dan Murid Mengajar

Pidato Mendikbud: Diskusi dan Murid Mengajar

Ada dua lembar pidato Mendikbud yang viral. Isinya yang dikupas singkat di sini hanya sedikit saja. Ada dua poin yang akan disajikan: 

1. Ajaklah kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar
2. Berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas.

Poin 1, sudah lama programnya, yaitu CBSA: Cara Belajar Siswa Aktif. Murud, siswa, atau mahasiswa lebih banyak aktif belajar dan “mengajar” (dalam tanda kutip). Guru dan dosen berperan sebagai pengamat, pengarah, wasit, dan pengayom. Ini dihangatkan lagi oleh Mendikbud Nadiem Makarim dan direspon positif masyarakat.
Guru dan dosen memberikan materi atau tema bahasan yang sesuai dengan kurikulum dan diracik kebaruannya dengan informasi dari jurnal, artikel ilmiah populer, penelitian, dan peristiwa yang terjadi di masyarakat yang berkaitan dengan materi atau tema bahan ajar. Murid dan mahasiswa mengolah bahan ajar tersebut, bisa diramu dari buku teks, dari website, blogspot, atau portal berita dalam dan luar negeri.

Poin 2, ini masih berkaitan dengan poin 1. Dalam diskusi kelas, akan terjadi interaksi sesame murid atau mahasiswa. Yang satu bertanya, yang lain menjawab. Dilanjut dengan respon positif dan mungkin juga negative secara alamiah. Ini disebut sistem perkawanan (Buddy System), yaitu murid atau mahasiswa yang lebih pandai membantu yang kurang pandai dan keduanya mendapatkan keuntungan. Guru dan dosen tinggal mengendalikan dan memberikan supervisi. Syaratnya, guru dan dosen harus sudah lebih dulu mempelajari bahan atau tema diskusinya.

Untuk dua poin tersebut, guru dan dosen memberikan contoh tentang tata cara pembuatan peta pikiran atas bahan ajarnya. Peta pikiran adalah cara mudah untuk mengulangi dan menulis catatan secara praktis dan karib dengan indra kita. Peta Pikiran pasti memiliki banyak cabang da ranting pikiran yang polanya serupa dengan pola otak (pikiran) dalam penyimpan informasi.

Poin selanjutnya pidato Mendikbud akan dibahas hari-hari kemudian ini,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar