• L3
  • Email :
  • Search :

8 Juli 2020

H. Usep Romli, HM, almarhum

H. Usep Romli, HM, almarhum

Di dalam postingan seorang teman di Facebook saya baru tahu Rabu, 8 Juli 2020 bahwa Bapak H. Usep Romli, HM sedang sakit. Tampak foto beliau sedang tidur dan di tangannya ada jarum infus. Lokasi perawatan di klinik al Yamin, Limbangan Garut. Saya menuliskan sekalimat doa agar beliau diberikan kesehatan, sehat wal’afiat kembali. Namun satu jam berikutnya saya lantas membaca banyak postingan yang berisi ucapan duka cita. Penulis yang purnatugas sebagai wartawan Pikiran Rakyat dan Galamedia tersebut meninggal sebelum diperiksakan ke RS Al Islam Bandung. Semoga Allah Swt memberikan maghfirah-Nya, memberikan surga firdaus kepada ajengan Bapak H. Usep Romli, HM. Aamiin.

Sebagai Guru
Saya mengetahui sosok beliau dari berbagai jenis tulisan di koran Pikiran Rakyat. Berbagai macam genre tulisan hasil buah penanya nyaris rutin hadir setiap pekan di koran Pikiran Rakyat. Juga di majalah berbahasa Sunda seperti Mangle. Materinya mulai dari cerita pendek, cerita bersambung, opini yang berkaitan dengan ke-Islam-an, laporan liputan dan berita ringkas. Saya juga pernah ikut pelatihan menulis dan jurnalistik yang diadakan oleh Pikiran Rakyat dengan mentor adalah beliau dan Kang H. Enton Supriatna. Acara ceramahnya juga pernah saya hadiri seperti waktu agresi militer Israel atas Palestina khususnya Gaza. Dalam jejak kewartawanannya beliau pernah meliput di Timur Tengah dan Afghanistan.

Setelah purnatugas di Pikiran Rakyat beliau tetap rutin menulis. Sepekan atau dua pekan ada saja muncul buah penanya di koran terbesar di Jawa Barat tersebut. Selain koran, media sosial Facebook menjadi sarana membaca tulisan, pendapat harian tentang masalah pendidikan, sosial, politik, ekonomi, dan budaya Sunda. Beliau adalah guru dalam kegigihan menulis di media massa agar masyarakat menjadi tercerahkan, lewat karya fiksi dan nonfiksi. Tidak banyak penulis yang melakoni dua jenis karya tulis tersebut, yaitu fiksi dan nonfiksi. Banyak yang fokus pada salah-satu saja...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar