• L3
  • Email :
  • Search :

21 November 2012

Hari Pohon, Peparu Hijau

Hari Pohon, Peparu Hijau
Oleh Gede H. Cahyana

Hidup kita sangat bergantung pada pohon atau vegetasi. Oksigen yang menyebar di dalam darah dalam bentuk HbO2 berasal dari proses fotosintesis pohon dan tanaman lainnya yang berklorofil. Tentu secara fungsi ada bedanya antara pohon, semak belukar, dan rerumputan. Tetapi sebagai sumber oksigen dan reduktor karbondioksida (CO2), semua tanaman berjasa bagi kesinambungan hidup hewan dan manusia di Bumi ini.

Jati, mahoni, trembesi, akasia, mangga, kelapa, jagung dan padi berguna bagi hidup manusia, langsung tak langsung, baik sebagai “sandang, pangan, maupun papan”. Tanaman tinggi besar dan pendek kecil, juga yang dibonsai, tetap bermanfaat bagi manusia. Bahkan benalu pun, pasti ada gunanya, tetapi manusia saja yang belum berhasil menemukan manfaatnya. Benalu mencuri makanan dari pohon mangga, kedondong, jambu, bahkan dari pohon jarak. Ia bisa tumbuh membesar di sana. Begitu juga tali putri yang tak berklorofil, yang jelas-jelas parasit bagi perdu teh-tehan pagar, belum ditemukan manfaatnya bagi hewan dan manusia.

Menurut Prof. Dr. Suroso Imam Zadjuli, rektor Universitas Kebangsaan, dengan akal kita, dapatlah dihitung luas Bumi ini, yaitu kira-kira 510 juta km2, terdiri atas 148,5 juta km2 (29,12%) daratan dan 361,5 juta km2 (70,88%) lautan. Di darat ada gunung-gunung bagai pasak/paku Bumi, ladang pengembalaan - padang rumput dan padang pasir seluas 62,10 juta km2. Kutub Utara dan Selatan seluas 12,5 juta km2. Daratan Bumi yang sudah dibudidayakan manusia hanya sekitar 9,0% tetapi sudah dapat menghidupi manusia sejak Adam - Hawa hingga sekarang (6,67 miliar orang). Bumi ini pun dihuni oleh hewan dan tumbuhan serta binatang renik.

Jumlah air di Bumi dan di langit pertamanya sekitar 1,4 miliar km3 yang terdistribusi di laut 97,75%, di Kutub Selatan, Utara dan di puncak gunung yang tinggi 1,75%, di daratan 0,40% dan di awan 0,10%. Air yang di darat dan di awan itu sudah menumbuhkan pohon berkayu yang berdiameter 15 cm atau lebih sebanyak 250.689.344.539.909 pohon (UNDP, Juni 2008). Namun pada hari ini jumlah tersebut telah berkurang karena ditebangi manusia dan tumbang karena longsor dan banjir.

Bagaimanapun kondisi Bumi ini, tetaplah upayakan memiliki satu pohon berkayu di setiap rumah. Tambah juga dengan berbagai bunga, perdu, dan tanaman yang tergolong apotek hidup dan lumbung hidup. Kalau lahannya sempit, bisalah dipelihara di dalam pot agar kita tetap berkontribusi dalam memperbanyak oksigen di Bumi ini. 

Selamat Hari Pohon. *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar