• L3
  • Email :
  • Search :

11 Mei 2006

Hai Remaja, Nge-Blog Yuk!

Kamu anak SMA? Kamu SMP? (SD juga boleh). Kamu ingin rajin nulis?

Salah satu cara agar kamu terlatih menulis adalah punya blog. Kamu bakal punya tugas wajib yang kudu kamu tepati sekaligus kamu cintai. Lewat tulisan ini kamu yang belum nge-blog diajak menjadi blogger. Ikuti caranya berikut ini.

Nge-Blog di Blogger.com
Blog mirip dengan buku harian kamu. Buku harianmu berupa lembaran kertas, blog berupa ‘kertas’ kaca di monitor komputer. Sama-sama lembaran yang bisa ditulisi apa saja. Bedanya, di blog kamu bisa memajang fotomu tanpa lem dan bisa diedit atau diatur sesukamu. Bedanya yang lain, blog adalah diary kamu yang rela kamu bagi-bagikan ke semua orang di Bumi ini. Siapa saja akan bisa membaca catatan harianmu dan bisa pula menulis komentar jika kamu izinkan ada perangkat untuk ‘comment’. Jika tak suka ada komentar, ya sudah... kamu setting aja no comment (gunakan opsi Hide, sembunyikan). Gampang banget.

Tapi perlu kamu ingat, komentar itu, apa pun ujudnya, sepedas apa pun dia, pasti ada gunanya. Telingamu bisa saja merah, panas dan hatimu geram, tapi jangan dihiraukan. Kamu mestinya berterima kasih karena ada orang yang rela meluangkan waktu, tenaga dan uangnya untuk memberikan komentar gratis. Apalagi kalau kamu mau merenung sebentar saja, boleh jadi semua kritik itu betul adanya. Malah mampu meningkatkan kualitas diri kamu, kualitas tulisan kamu dan kualitas kedewasaan (keremajaan) kamu.

Are you oke, remaja? So pasti, bukan?

Sebelum lanjut ke tatacara membuat blog, di dunia maya ada banyak penyedia layanan blog. Di sini dibahas satu saja, dan ini yang kulakukan, yaitu servis dari Blogger.com. Cukup mudah langkahnya. Setelah koneksimu ke internet siap, kamu bisa memulainya dengan mengetik alamat web site http://www.blogger.com atau kamu klik saja yang ini.

Setelah itu kamu dituntun masuk ke ‘pekarangan rumah’ Blogger.com. Di sini tertulis ‘Create a blog in 3 easy steps: (1) Create an account, (2) Name your blog, (3) Choose a template. Inilah tiga langkah dasar untuk memiliki blog, yaitu membuat ekaun alias rekening, menamai blog, dan memilih ‘kertas’ tulis. Di bagian bawahnya kamu temukan tulisan CREATE YOUR BLOG NOW. Kliklah ajakan membuat blog ini dan tunggu beberapa saat.

Sesaat kemudian muncullah formulir yang harus kamu isi. Tulislah Username dengan nama yang kamu sukai dan mudah diingat. Setiap akan masuk ke blog, kamu harus menuliskan Username tersebut. Jadi, harus diingat, jangan sampai lupa.

Berikutnya adalah mengisi Password. Isilah dengan kata rahasia yang hanya kamu yang tahu atau orang yang kamu percayai saja yang tahu. Atau, simpan di buku kamu, di HP-mu atau di mana saja asalkan bisa kamu dapatkan dengan mudah jika kamu lupa password-nya. Hati-hati jangan sampai diketahui orang lain, sebab dia atau mereka bisa meng-update atau malah men-delete blog kamu. Berabe nanti.

Kemudian kamu disuruh mengetik ulang Password tersebut di baris Retype Password. Ini semacam penegasan apakah password-mu betul atau salah. Di baris Display Name isilah dengan namamu. Lalu masukkan alamat e-mail kamu di baris di bawahnya. Teruskan dengan menyetujui aturan Blogger.com dengan mengisi ceklis di Acceptance of Terms. Terakhir, tekanlah ikon Continue. Tuntas sudah tahap satu.

Tahap dua juga mudah. Isilah Blog title dengan kata atau nama (misalnya sebagian namamu) atau sesuka hatimu. Tentu saja nama yang khas dan jelas agar mudah diingat. Kemudian isilah alamat blog (Blog address). Misalkan namamu Yulianto. Kamu bisa membuat alamatnya seperti ini: http://yulianto.blogspot.com. Kamu cukup menulis yulianto saja di baris yang tersedia. Yang lainnya sudah disediakan oleh Blogger.com. Begitu pun kalau namamu Yulianti, kamu cukup menulis yulianti saja. Selanjutnya kamu akan melihat sederetan huruf, namanya Word Verification. Salinlah huruf itu lalu klik Continue. Baris Advanced Setup diabaikan saja.

Kini kamu tiba di tahap tiga, yaitu memilih ‘kertas’ halaman blog atau template. Ada banyak opsi tapi tak usah pusing. Pilih satu tanpa ragu. Belakangan hari bisa kamu ganti lagi kalau merasa tak cocok. Bahkan kamu bisa ‘mengimpor’ template dari penyedia layanan template lainnya. Tapi ini sudah tingkat lanjut, setelah kamu terbiasa dengan blog.

Setelah ‘kertas’ blog-mu selesai, kliklah Continue. Dua-tiga detik setelahnya muncul pemberitahuan bahwa blog-mu sudah oke: Your blog has been created. Kini kamu resmi punya ‘buku’ harian di dunia maya yang kapan pun bisa ditulisi. Kamu bisa berbagi dengan teman-temanmu sekaligus mengajaknya nge-blog. Menjadi blogger. Tinggal kamu klik saja Start Posting, kamu bakal mulai bisa menulis jalan hidupmu, cerpenmu, atau opinimu tentang sekolah, sampah, dan pemerintah.

Setelah semuanya oke, yang tersisa adalah pengelolaan blog. Ini dapat kamu lakukan sambil nge-blog, kapan suka dan mana suka. Buat berbagi, kamu bisa lihat blog-ku di http://gedehace.blogspot.com (atau kamu memang sedang berada di blog-ku, bukan?) Blog ini untuk berbagi kepada siapa saja termasuk kamu dalam hal Writing, Water dan Waste alias seluk-beluk menulis, air dan limbah. Aku menyediakan waktu buat berdiskusi tentang blog sejauh yang aku ketahui dan tentang isi blog-ku, yaitu tatatulis, air dan limbah.

Hai remaja Indonesia, tunggu apa lagi? Ayolah menjadi blogger agar hidupmu berguna buat orang lain, lewat tulisanmu. Blog adalah komunitas masa kini dan pasti, masa depan! *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar